Selasa, 17 September 2019

Ketahui 5 Faktor Penyebab Migrain yang Anda Alami Berikut Ini!

Sakit kepala merupakan jenis masalah kesehatan yang pastinya pernah dialami oleh setiap orang, hanya saja jenisnya berbeda-beda, begitu juga dengan faktor penyebabnya. Salah satu yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah migrain atau yang dikenal sebagai sakit kepala sebelah. Normalnya sakit kepala memang terjadi di hampir semua bagian, namun ada yang hanya sebelah saja, ini dikenal sebagai migrain, penyebab migrain ini sendiri juga beragam.



Migrain ini sendiri bisa timbul disebabkan oleh peningkatan atau perubahan aktivitas otak, sehingga menimbulkan rasa sakit pada kepala namun memang sensasi berdenyutnya agak berbeda dengan sakit kepala pada umumnya. Karena biasanya akan disertai dengan beberapa gejala lain seperti meningkatnya sensitivitas tubuh, khususnya terhadap cahaya, bau dan juga suara. Rasa sakit tersebut umumnya bisa bertahan selama beberapa jam atau bahkan sampai dengan beberapa hari. Hingga diikuti dengan masalah keseimbangan, sehingga menyebabkan rasa mual dan muntah.

Sebelumnya ketahui terlebih dahulu beberapa faktor yang menjadi penyebab migrain ini sehingga lebih mudah juga dalam mendapatkan pengobatan, yaitu:

  1. Faktor genetik, kebanyakan diantara mereka yang sering kali mengalami migrain memang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Karena untuk anak-anak yang memiliki orang tua dengan riwayat migrain juga besar kemungkinan hingga 50 persen akan mengalami kondisi yang sama, jika kedua orang tuanya menderita migrain maka peluangnya akan naik mencapai angka 70 persen.
  2. Mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, ternyata penyebab dari migrain ini sendiri juga bisa dipicu oleh mengkonsumsi makanan hingga minuman tertentu. Seperti yang mengandung kadar MSG cukup tinggi bisa menyebabkan migrain. Karena MSG ini mengandung senyawa yang dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat, sehingga terjadi penyempitan pada pembuluh darah yang ada di otak. Makanan lain seperti diantaranya adalah coklat pada beberapa orang tertentu juga dapat memicu terjadinya migrain jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, begitu juga dengan mengkonsumsi keju yang didalamnya terkandung senyawa tiramin.
  3. Menstruasi, pada wanita sendiri tak jarang migrain ini akan menjangkiti mereka ketika sedang haid. Memasuki fase haid, khususnya karena dipicu oleh produksi hormon esterogen yang tinggi nantinya hal ini akan menyebabkan masalah pada sistem syaraf otak dan menjadikannya migrain, apalagi untuk wanita yang sudah memasuki masa menopouse.
  4. Perubahan cuaca hingga aroma yang menyengat, cuaca yang cepat berubah-ubah seperti dari terik, kemudian menjadi dingin dan sebaliknya akan menyebabkan serangan migrain. Begitu juga bagi mereka yang mencium aroma yang begitu menyengat, sering kali akan langsung mengalami sakit kepala secara toba-tiba.
  5. Stres, orang-orang yang sedang stres memang mengalami pelepasan senyawa kimia dari dalam otak, sehingga menyebabkan terjadinya ketegangan dan juga pelebaran di pembuluh darah. Sehingga kalangan yang mudah mengalami stres juga akan kian mudah merasakan migrain ini, untuk itu jaga kesehatan tubuh dan juga pikiran sehingga tidak mudah stres.

Jadi hati-hati karena ada banyak sekali faktor penyebab migrain ini, jangan sampai Anda mengalaminya, karena bagaimanapun rasa sakit kepala akan menyebabkan seseorang menjadi kesulitan di dalam beraktivitas. Apalagi jika seandainya sakit kepala tersebut berlangsung secara terus-menerus, itulah mengapa hendaknya segera mendapatkan pengobatan untuk mengatasi kondisi tersebut agar tidak semakin parah. Apalagi ada juga kemungkinan buruk bahwa migarin ini disebabkan oleh tumbuhnya tumor di otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar