Kamis, 03 Oktober 2019

Jika Manusia Tidak Berkeringat, Inilah Yang Akan Terjadi


Tubuh manusia memiliki sistem ekskrei atau sistem pembuangan. Untuk mengeluarkan semua zat beracun atau kotoran didalam tubuh. Salah satu sistem eksresi manusia adalah kulit, yang kotorannya keluar dalam bentuk keringat. Banyak orang yang terganggu dengan namanya keringat. Karena membuat tubuh menimbulkan bau tidak sedap dan kurang nyaman. padahal berkeringat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya mengeluarkan kotoran dan menjaga suhu tubuh. Lalu apa yang terjadi bila tubuh tidak bisa berkeringat, berikut ini penjelasannya

Tubuh Akan Overheating
Salah satu manfaat berkeringat adalah untuk menjaga suhu tubuh atau untuk mendinginkan suhu tubuh saat meningkat. Bila tubuh kita tidak mengeluarkan keringat, maka akan mengalami overheating. Tubuh akan memiliki suhu yang tinggi dan bisa mengakibatkan risiko penyakit lainnya. seperti heatstroke atau kematian. Tubuh tidak mengeluarkan keringat bisa dikarenakan masalah kesehatan, kelainan genetik, efek samping obat -obatan dan lainnya.
Gangguan Ginjal
Jika tubuh kita tidak berkeringat juga bisa mempengaruhi kinerja ginjal. Karena tidak ada organ yang melindungi ginjal kita. Padahal ginjal termasuk organ penting didalam tubuh, yang menyaring berbagai racun. Saat kita berkeringat lewat olahraga atau kegiatan lainnya. bisa membantu menurunkan risiko penyakit ginjal. Karena kadar garam berlebih akan dikeluarkan melalui keringat. Jika kadar garam dalam tubuh berlebih bisa mempengaruhi kinerja ginjal dan ginjal mengalami gangguan kesehatan
Luka Lebih Sulit Sembuh
Dalam tubuh kita terdapat dua juta kelenjar keringat yang tersebar di seluruh tubuh. Kelenjar keringat tersebut bisa membantu menyembuhkan luka. Saat tubuh kita tidak berkeringat, maka proses penyembuhan luka lebih lama. Jika luka tidak cepat sembuh, bisa menimbulkan infeksi dan berbagai penyakit lainnya. bahkan banyak orang yang harus diamputasi karena kondisi luka yang semakin parah.
Detoksifikasi Tubuh Terhambat
Proses detoksifikasi atau pengeluaran racun salah satunya dilakukan oleh kulit. Ketika kita berkeringat, semua racun dan patogen yang ada didalam pori-pori akan ikut keluar. Bila kita tidak berkeringat maka racun dan patogen didalam tubuh akan terus menumpuk dan bisa mengganggu kesehatan kita. Saat detoksifikasi berjalan dengan baik, maka tubuh akan lebih sehat, kulit lebih bersih dan terhindar dari berbagai masalah.
Imunitas Tubuh Menurun
Saat imunitas tubuh menurun bisa mempengaruhi kesehatan kita. Tubuh lebih mudah terserang berbagai penyakit. Imunitas ini juga dipengaruhi oleh proses detoksifikasi. Saat detoksifikasi lewat keringat berjalan dengan baik, maka sistem imunitas semakin meningkat. Begitu pula sebaliknya, saat detoksifikasi terhambat maka sistem kekebalan tubuh juga akan menurun. Karena semua racun dan patagen masih terperangkat didalam tubuh dan akan berperang dengan sistem imunitas kita.
Merusak Mood
Setelah berolahraga dan berkeringat, biasanya tubuh akan terasa lebih nyaman dan senang. Karena ada hormon endorphin yang dikeluarkan. Hormon ini berfungsi untuk menjaga mood bahagia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh kita tidak mengeluarkan keringat, maka mood bisa rusak. tubuh terasa tidak nyaman dan lesu. Anda akan lebih mudah mengalami bad mood dan tidak enak badan.
Oleh karena itu sangat penting fungsi keringat bagi tubuh kita. Ketika kita berkeringat akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bila tubuh anda tidak mengeluarkan keringat, lebih baik segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Supaya keringat tidak bau, gunakan deodorant yang tepat dan konsumsi makanan yang sehat. Dengan begitu anda tetap bisa berkeringat dan tidak takut bau badan.
Deskripsi: berkeringat merupakan hal yang biasa dialami oleh semua orang. jika kita tidak berkeringat bisa memberikan banyak masalah pada tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar